Loading ...

Sejarah Singkat Kecamatan Talisayan

Kec. Talisayan

Mansyur - Camat

Sejarah Kecamatan Talisayan

      Kecamatan Talisayan merupakan salah satu kecamatan yang berada pada bagian selatan pemerintah Kabupaten Berau. Jarak tempuh (darat) dari pemerintah Kabupaten Berau ±150 Km dengan waktu tempuh normal ±3 jam. Wilayah selatan kabupaten Berau terdapat 5 (lima) kecamatan yaitu : Tabalar, Lempake, Talisayan, Batu Putih dan Biduk-Biduk. 4 (empat) kecamatan lainnya tersebut adalah merupakan pemekaran dari Kecamatan Talisayan. Setelah pemekaran kecamatan tersebut, saat ini kecamatan Talisayan hanya memiliki 10 (sepuluh) kampung.

      Sejarah Talisayan berawal dari terdapatnya pohon-pohon Talisay (jenis ketapang) di sepanjang sungai tuddung, letak Talisayan yang berada disepanjang laut sehingga kapal-kapal (khususnya suku bugis) yang melewati laut Talisayan dan menghadapai musim ombak memaksa kapal tersebut berlindung di sungai, dan bertambatnya pada pohon Talisay tersebut.

      Pemerintahan Talisayan berasal dari pemerintahan kerajaan Barrau (Berau) dari Kesultanan Sambaliung yang wilayah kekuasaannya sampai sepanjang selatan Berau. Sebelum Undang-Undang Nomor 27 Tahun 1959 tentang Penetapan Undang-Undang Darurat Nomor 3 Tahun 1953 tentang Pembentukan Daerah Tingkat II di Kalimantan, dan sampai sekarang ini Talisayan telah di pimpin sebanyak 42 orang.

      Kecamatan Talisayan adalah salah satu Kecamatan dari 13 Kecamatan yang ada di Wilayah Kabupaten Berau, terletak di bagian Selatan Kabupaten Berau, Ibu Kota Kecamatan terletak di Talisayan